Thursday, September 4, 2014

Sambung Rambut, Boleh gak ya?


Pada hari senin rambutnya pendek banget seleher, eh pada hari selasa udah panjang sepinggang. Ajaib, aneh banget, ko bisa ya. Digimanain tuh? Penasaran.

Orang-orang, temannya itu, akhirnya berkerumunan menanyai si sany. “Kenapa san rambutnya bisa panjang gitu?” tanya seorang dari temannya itu.

“rahasia dong,,” sambil mengibaskan rambutnya yang panjang tergurai.

“apa ih, pengen tau kaya kamu, kan cantik” sambil megang-megang rambut si sany. Si sany yang bermuka cantik itu terlihat bangga. “akhirnya, inilah kesempurnan” hatinya berbisik.

“ya pergi ke salon lah...”  sambil tangannya mengusap rambutnya yang berkilauan itu.

“mahal ya...”

“ya iyalah, di indonesia mh nggak ada, nih gw aja ke singapore” dengan bangganya.

Teman-temannya yang hidup pas-pasan itu hanya bisa mengangguk-angguk melihat rambut si sany yang begitu indah. Dalam hati yang terdalam, yang sangat dalam itu, teman-temannya sangat,sangat ingin seperti si sany. Rambutnya bisa di ubah-ubah. Kan enak. Hari ini setengah pendek, besok panjang, besok lagi pendek, besok lagi panjang. Terus aja gitu. Kan gaya.

Ehmmmm.... kalo mendengar cerita kecil di atas. Apa yang baca mau juga di ubah-ubah rambutnya kaya si sany. Kan bisa nambah cantik tuh. Hehe

Banyak artis yang muncul di Tv-Tv. Sebut aja artisnya si anu. Hari ini rambutnya pas waktu di liput acara “gosip” pendek. Eh pas di liput lagi ke esokan harinya, udah panjang lagi. Biasanya sih artis-artis kita tuh nurutin artis yang ada di luar negeri. Lihat aja deh ladi gaga, yang rambutnya aneh, tiba-tiba pendek, tiba-tiba panjang.

Artis-artis korea yang banyak di gandrumi kaum remaja indnesia saat ini. Yang biasanya goak-goak pas nontonya. Atau sampai berurai air mata sampai seember penuh. Nah coba aja deh liat yang pemeran cewenya, yang kadang-kadang bisa berubah tuh rambutnya itu.

Nah mau juga? Tertarik? Eis tunggu dulu.

Kita sebagai seorang muslim pasti dong tak terlepas dengan hukum-hukum syara alias syariat. Nah gimana nih dalam prepektif islam apakah boleh menyambung rambu atau tidak.
Rasulullah bersabda yang diriwayatkan imam Al-Bukhari, Muslim, dan Ahmad dari Ibn Umar dalam hadist Qudsi.

“Allah melaknat perempuan yang melaknat perempuan-perempuan yang menyambung rambutnya dan minta disambung rambutnya”.

Sebenarnya beginilah cerita yang sebenarnya. Dari hisyam, ia berkata bahwa Fatimah binti Munzahir mencerikan kepadaku dari Asma’, bahwa ada seseorang perempuan yang datang kepada nabi Saw. Lalu ia berkata, “Wahai Rasulullah, sesungguhnya anak saya akan kawin, ia sakit sehingga rambutnya rotok, apakah boleh sayamenyambung rambutnya?” Rassulullah menjawab, “Allah melaknak perempuan yang menyambung rambutnya”.

Nah menyambung rambut itu nggak boleh ya apalagi untuk bersolek dan memercantik diri. Alama. Bersolek juga gak boleh, apalagi sampai menyambung rambut.
Namun, bagaiman menyambung rambur dengan yang bukan rambut lagi? Nah kalau untuk itu sebenarnya ada dua pendapat. Apa itu? check it dot.

Yang pertama, makruh tidak haram berdasarkan hadis Mu’awiyah yang mengkhususkan hadis tentang wanita yang menyambung rambut dengan rambut dan menjadikan penjelasan sebagai lafal umum kemakruhan ini berdasarkan keumuman hadis yang ada. Dieiwayatkan dari Mu’awiyah,, ia berkata: “janganlah seorang wanita menyambung rambutnya dengan rambut, penyambung rambut (Qaramil), maupun dengan wo.”

Yang kedua yaitu pendpatnya imam malik, yang menyatakan bahwa menyambung rambuh dengan apapun dilarang baik disambungkan dengan rambut, wol, maupun kain berdasarkan jubir “Rasulllah mencela wanita yang menyambung rambutnya dengan sesuatu.”

Imam Athabari juga menjelaskan bahwasanya “tidak boleh seorang wanita menguah sesuatu yang telah Allah ciptakan dengan menambah atau mengurangi demi kecantikan, baik untuk suami arau yang lainnya seperti seseorang yang dahinya lebar lalu dihilangkan kedua alisnya agar terlihat tampan.”1 (Fiqih Ibadah wanita halaman 150).

Pada intinya sih kita harus bersyukur dengan apa yang Allah berikan kepada kita, mau yang rambutnya kribo, kriting, ikal, lurus. Allah mengetahui apa yang terbaik bagi hambanya. Karena Allah Maha Tahu.jadi syukuri saja. Jangan sampai karena ingin dipuji-puji maka sambung rambut deh, atau panas dengan temen yang punya rambut indah.


Kalau haram,, jadi masih mau sambung rambut? 
 Wallahualam bi Shawab

Terimakasih Sahabat Hadits Line. Jangan Lupa Komentarnya

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Sambung Rambut, Boleh gak ya? yang ditulis oleh Hadits Line (Hermawan Setiawan) Komentar sahabat sangat memotivasi penulis.

0 comments:

Post a Comment