Friday, November 28, 2014

Ini Akibat Terlalu Banyak Tidur?

sumber:
(ramadan.metrotvnews.com)
Mungkin bahaya terlalu banyak tidur tidak akan dirasakan oleh orang-orang yang sibuk beraktivitas bergelut dalam pekerjaan, sekolah, atau kampus. Tapi, bagiorang-orang yang tidak ada kegiatan atau berleha-leha dalam pekerjaan sehingga terlalu banyak istirahatnya—tidur—maka patut diperhatikan. Selaku anda yang tidak banyak tidur juga harus mengetahui untuk mengingatkan sahabat yang banyak tidur, atau minimalnya untuk pengetahuan diri sendiri.

Tidur memang suatu kebutuhan yang tak dapat dinafikan. Ketika orang menahan untuk tidur dalam jangka lama, seminggu misalnya. Maka hal tersebut mendzolomi tubuh, karena anda ketahui tidur merupakan hak tubuh. Jika tubuh sudah terdzolimi maka berbagai penyakit mudah untuk menyerang atau malah langsung berhadapan dengan kematian. Tak sedikit kasus meninggal dunia karena disebabkan begadang. Namun bila sebaliknya, terlalu banyak tidur apakah mempunyai dampak negatif yang signifikan?

Tentu dalam melakukan segala sesuatu jangan berlebih-lebihan. Berlebih-lebihan tidaklah baik. Begitu juga dengan tidur. Prilaku banyak tidur ini akbat  minum alkohol, deperesi, minum obat-obatan tertentu atau kelainan tidur, seperti apnea. Banyak tidur merupakan penyaki, yang disebut dengan Hypotermia, dimana seseorang mempunyai durasi tidur lebih panjang daripada orang normal. Bahaya yang tak kalah dari ini, yaitu tidur pagi.

Menurut penelitian ada banyak penyakit yang disebabkan oleh prilaku banyak tidur, yaitu:

A.      Obesitas
Obesitas, salah satu kelebihan berat badan. Menurut penelitian orang yang tidur dalam jangka sepuluh jam akan lebih besar terserang obesitas dibandingkan dengan orang yang hanya tidur kurang dari delapan jam. Tentu hal ini dipengaruhi oleh pola  makan yang tidak teratur, misal sebelum tidur makan terlebih dahulu.

B.      Diabetes
Penyakit  ini tergolong penyakit berbahaya. Penyakit akibat kelebihan gula dalam tubuh. Hal ini tentu , salah satunya, akibat obesitas. Namun tak memungkiri juga orang yang mempunyai berat badan normal dan ia kebanyak tidur, maka penyakit ini berpeluang menyerang orang yang berprilaku seperti itu.

C.      Depresi
Menurut penelitian, sebanyak 15% orang yang mempunyai kebiasaan buruk, kebanyakan tidur. Hal ini menyebabkan mereka depresi. Selama ini anda tahu bahwa depresi disebabkan oleh insomnia. Insomnia adalah salah satu penyimpangan tidur, akibat kurangnya durasi waktu tidur.

D.      Sakit Kepala
Bagi anda yang kelamaan tidur, mungkin ini salah satu yang anda rasakan, sakit kepala. Hal ini disebabkan serotinin terganggu. Anda yang mempunyai kebiasaan begadang mungkin akan merasakan hal ini juga atau bagi anda yang sering melakukan tidur siang sehingga malam tidak tidur pun sama menderita gejala ini.

E.       Penyakit Jantung
Ketika anda terlalu banyak tidur, secara tidak langsung anda menguragi porsi aktivitas anda. maka waktu pengolahan makanan atau zat pada tubuh akan berlangsung pendek dalam kondisi normal. Ketika makanan diolah pada pada saat tidur memungkinkan kolesterol dari makanan itu lebih tinggi daripada biasanya. Hal ini didasari oleh penelitian oleh Nurses Health pada 72.000 wanita. Penelitian ini menyimpulkan bahwa wanita yang tidur lebih lama, yaitu 11 jam mempunyai resiko terkena penyakit jantung 38% lebih tinggi dibandingkan dengan wanita yang tidur hanya delapan jam sehari.

F.       Kematian
Hal ini yang paling mengerikan. Bagi orang yang lebih dari sembilan jam menghabiskan waktu tidur, maka resiko untuk meinggal semakin besar. Memang tidak ada keterkaitan secara langsung, misalnya anda banyak tidur, kemudian mati seketika. Tapi, saat anda banyak tidur  yang akibatnya resiko terserang penyakit menjadi tinggi, maka peluang meninggal akan semakin cepat. Hal ini juga berkaitan dengan umur. Bila anda melakukan pola hidup sehat, kemungkinan besar anda akan berumur lebih panjang dari biasanya. Tapi saat pola hidup buruk maka peluang kematian pun akan lebih dekat.

Memang pada dasarnya kematian adalah hak preogratif Allah, tapi kelakukaan anda juga mempengaruhi akan kematian itu sendiri. Ketika anda suka mengkonsumsi makanan adiktif dan minuman beralkohol setiap hari, kemudian tidur dalam waktu lama, maka peluang kematian pun akan lebih besar.

Durasi terkait dengan waktu tidur setiap orang berbeda-beda. Tapi, pada orang dewasa umumnya  durasi tidur antara  tujuh sampai delapan jam, bahkan ada juga lima jam. Tidur juga dipengaruhi oleh prilaku anda sendiri, saat anda meniatkan tidur lima jam sehari mungkin durasi lima jam itu cukup dengan anda. Jika mematok delapan jam sehari, mungkin itu juga baik buat anda. Hal ini dipangaruhi oleh Habits anda sendiri.

Pada artikel berikutnya akan dijelaskan mengenai baha  tidur pagi , silahkan untuk diklik

Terimakasih Sahabat Hadits Line. Jangan Lupa Komentarnya

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Ini Akibat Terlalu Banyak Tidur? yang ditulis oleh Hadits Line (Hermawan Setiawan) Komentar sahabat sangat memotivasi penulis.

0 comments:

Post a Comment