Wednesday, November 26, 2014

Jangan Minum Soda, Sebelum Tahu Ini

Macam-macam Minuman Bersoda
Siapa yang tak mengenal soda? Minuman berbusa ini membuat tenggerokan serasa berbuih dan menyebabkan sendawa setelah meminumnya. Tak dapat dipungkiri hampir setiap orang pernah miminum soda, baik itu yang berlabel mahal atau murah.

Ketika udara panas dan gerah, tentu kita menginginkan minuman dingin dan segar, salah satunya minuman soda ini. Apalagi ketika sedang pusing, banyak tekanan pekerjaan atau tugas mata kuliah, atau setelah memakan makanan panas, maka minuman soda ber-es menjadi pilihan tepat.

Menurut Tim peneliti dari University of California, San Fransisco menemukan bahwa mengonsumsi terlalu banyak soda berisiko memperpendek usia seseorang.

Penelitian ini dilakukan terhadap 5.300 orang yang sehat dan tidak memiliki penyakit apapu. Setelah selang lima tahun, terjadi perbedaan antara orang yang mengkonsumsi soda dengan yang tidak mengkonsumsi. Orang yang menkonsumsi minuman bersoda mereka mengalami 4,6 tahun penuan lebih cepat dibandingkan yang tidak mengkonsumsi soda. Hal yang lebih mengejutkan, orang yang mengkonmsi soda 0,2 liter atau 8 ons perhari mengalami penuan 1,9 tahun lebih cepat.

Hal ini disebabkan oleh tolmera yang memendek. Tolmera adalah bagian ujung kromosom sel yang melakukan regenari. Jika tolmera memendek, maka sedikit sel yang melakukan regenerasi, yang akibatnya tubuh cepet menua. Selain itu juga, pemendekan tolmera membuat tubuh beresiko tinggi terserang penyakit dan kematian dini.

"Kami kira kita bisa minum banyak soda asalkan berat badan kita tidak bertambah. Tapi studi ini membuktikan konsumsi soda ternyata dapat mempercepat proses penuaan, tanpa kita sadari. Terlepas ada pengaruhnya pada berat badan atau tidak," kata peneliti Elissa Epel seperti dikutip dari American Journal of Public Health dalam health.detik.com.

Penuaan dini ini terjadi pada orang yang sering atau berlebihan dalam mengkonsumsi minuman bersoda. Pada orang yang hanya sekali atau dua kali dalam satu bulan mungkin akan kurang terasa efek negatifnya. Namun jangan khawatir menurut peneliti Dr Amy Bidwell dari Syracuse University, New York. "Cara mudah untuk mencegah dampak negatif ini adalah dengan melakukan jalan kaki minnimal 12.000 langkah dalam sehari atau setara 9,6 kilometer."

Referensi:

Terimakasih Sahabat Hadits Line. Jangan Lupa Komentarnya

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Jangan Minum Soda, Sebelum Tahu Ini yang ditulis oleh Hadits Line (Hermawan Setiawan) Komentar sahabat sangat memotivasi penulis.

0 comments:

Post a Comment