Thursday, November 27, 2014

Kenapa tidur pagi berbahaya?

Tidur Pagi
(sidulfis.blogspot.com)
Tidur adalah suatu rutinitas yang perlu dilakukan dan merupakan suatu kebutuhan jasmaniah. Ketika tubuh lelah dan cape seteleh bekerja, untuk menormalkan kembali, maka tidur adalah solusinya. Tidur berguna untuk metabolisme tubuh, agara tubuh kembali menjadi segar dan sel beregenerasi.

Tentu tidur haruslah cukup, kebanyakan tidur akan berbahaya bagi tubuh begitupun dengan kurang tidur. Tidur juga harus memperhatikan waktu, jangan sampai siang dijadikan malam dan malam dijadikan siang. Waktu tidur yang bermanfaat adalah tidur ketika butuh, tidur di awal malam –ini lebih manfaat daripada tidur di akhir malam-, dan tidur di waktu siang, pertengahan- setelah Dzuhur dan sebelum ashar-, yang lebih bermanfaat daripada tidur setelah ashar atau setelah subuh.

Bagi orang-orang malas atau suka begadang sampai larut pagi, memungkinkan sering melakukan tidur pagi. Padahal tidur pagi adalah hal yang dibenci Rasullulah, karena pagi hari merupakan waktu tempat untuk melakukan aktifitas, seperti belajar, beribadah, dan mulai bekerja.

Allah Swt, berfirman:
“Apabila telah ditunaikan shalat, maka bertebaranlah kamu di muka bumi (untuk mencari rezeki dan usaha yang halal) dan carilah karunia Allah, dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung.” (QS. al-Jumu’ah: 10).

Hal yang menarik yaitu bangsa Yahudi tidak suka tidur pagi, karena menurut mereka tidur pagi dapat mematikan hati dan membuang-buang waktu. Di pagi hari, bangsa Yahudi melakukan hal-hal yang bermanfaat, seperti mengasah daya ingat, belajar kitab Taurat/Talmud, belajar untuk persiapan sekolah atau kuliah, dan bekerja.

Menurut Ibnul Qayyim. Beliau rahimahullah berkata, “Pagi hari bagi seseorang itu seperti waktu muda dan akhir harinya seperti waktu tuanya.” (Miftah Daris Sa’adah, 2/216).

Maksudnya yaitu pagi hari membentuk psikologis yang masih semangat, sedangkan di waktu sore hari sudah mengendur, kurang semangat: cape, lelah, letih, lesu, dll. Maka bila bermalas-malasan di pagi hari, tentu membuat kita tidak optimal menjalani hari. Pagi aja malas, apalagi sore harinya.

Selain itu, tidur di pagi hari dapat mengahalangi pintu rizki. Ibnul Qayyim berkata, “Empat hal yang menghambat datangnya rizki adalah tidur di waktu pagi, sedikit sholat, malas-malasan dan berkhianat.” (Zaadul Ma’ad, 4/378).

Tidur pagi juga dapat meyebabkna resiko badan terserang penyakit meningkat, salah satu melemahkan sahwat. Bagi anda yang sudah menikah tentu akan sangat bahaya, karena dapat merusak keharmonisan rumah tangga.

Dari semua sebab itu, tidur pagi merupakan perbuatan yang tidak sesuai dengan Al-Qur’an dan Sunnah Rasul. Sebagai seorang muslim tentu kita harus menunaikan apa yang diperintahkan dan menjauhi apa yang dilarang-Nya. Bagi yang suka tidur pagi, yo, kita bersama-sama menahan dan melakukan pada hal yang lebih bermanfaat dan berguna. Hal itu akan bernilai baik di sisi Allah Swt.

Terimakasih Sahabat Hadits Line. Jangan Lupa Komentarnya

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Kenapa tidur pagi berbahaya? yang ditulis oleh Hadits Line (Hermawan Setiawan) Komentar sahabat sangat memotivasi penulis.

0 comments:

Post a Comment