Sunday, November 23, 2014

Tujuh Gunung Api yang Meledak Dahsyat di Dunia

Indonesia adalah negara yang terletak pada dua lempengan besar, yaitu Lempengan Indoaustralia dan Lempengan eurasia. Hal ini menyebabkan potensi akan bencana gempa bumi di Indonesia sangat besar. Di sisi lain gerakan antar lempeng—endogen—itu menghasilkan bentukan alam baru, yaitu gunung dan pegunungan. Gunung terbagi menjadi dua status yaitu aktif dan non-aktif.

Gunung berstatus aktif memungkinkan terjadinya erupsi, sedangkan gunung status non-aktif kemungkinan teradi erupsinya itu kecil dan mungkin dulu pernah terjadi erupsi. Gunung non-aktif ini sering disebut dengan gunung tidur.

Erupsi atau ledakan gunung berapi ini mewanai sejarah, bahkan manusia akan sempat punah karenanya. Indonesiaa yang notabene negara gunung api yang dilewati dua sirkum pegunungan yaitu pasifik dan medeterania. Erupsi adalah suatu gejala alam yang tidak bisa dicegah dan kita hanya bisa meminimalisir korban melalui mitigasi. Berikut tujuh gunung api di seluruh dunia yang pernah meledak dahsyat:
  1. Gunung Vesuvius

Mungkin pembaca pernah mendengar kota sex pompei yang hilang? Nah, gunung vesuvius ini yang menyebabkan kota tersebut hilang ditelan jutaan material vukanik dan lahar panas. Tak ada jumlah yang pasti berapa orang yang meninggal dunia. Menurut arkeologi gunung tersebut menyebabkan 10.000-25.000 orang tewas.

Gunung ini merupakan gunung teraktif di benua eropa yang terletak di timur Napoli, Italia. Di daerah sekitar gunung, saat ini, telah tinggal 3.000.000 penduduk.

2. Gunung Krakatau

Pada tahun 1883 sejarah mencatat terjadinya letusan gunung api di selat sunda. Letusan gunung api ini menyebabkan eropa mengalami gagal panen karena menderita musim dingin yang berkepanjangan. Konon napoleon kalah perang disebabkan oleh letusan gunung ini salah satunya.

Letusan gunung ini 13.000 kali ledakan bom atom, dimana satu kali meledak meluluhlantakan seperti kejadian di Hiroshima dan Nagasaki. Suara letusan gunung api ini terdengar sampai kepualaun di Afrika Timur. Runtuhan dari badan gunung api ini menyebabkan tsunami besar di selat sunda yang menerpa Sumatra dan Kalimantan. Diperkirakan lebih dari 36.000 jiwa tewas saat itu. pasca letusan gunung api ini tenggelam ke bawah laut. Namun setelah itu, pada tahun 1927 pulau baru muncul di bekas letusan gunung krakatau. Pulau tersebut merupakan sebuah gunung disebut gunung anak krakatau dan statusnya aktif.

3. Gunung Toba

Danau toba, saya yakin setiap orang pasti tahu. Dananu toba dulunya adalah sebuah gunung. Gunung ini merupakan gunung yang mempunyai letusan yang dahsyat, supervulkanik.

National Geographic Channel (10/11/2011) dalam laman arifuddinali.wordpress.com, letusan Toba terjadi sekitar 67.500 sampai 75.500 tahun yang lalu. Letusan ini adalah yang terakhir dari serangkaian tiga letusan pembentukan kaldera yang terjadi di gunung berapi. Dengan kaldera yang terbentuk sebelumnya sekitar 700.000 dan 840.000 tahun yang lalu.

Gunung toba pernah meletus tiga kali:
  • Letusan pertama terjadi sekitar 800 ribu tahun lalu. Letusan ini menghasilkan kaldera di selatan Danau Toba, meliputi daerah Prapat dan Porsea.
  • Letusan kedua yang memiliki kekuatan lebih kecil, terjadi 500 ribu tahun lalu. Letusan ini membentuk kaldera di utara Danau Toba. Tepatnya di daerah antara Silalahi dengan Haranggaol. Dari dua letusan ini, letusan ketigalah yang paling dashyat.
  • Letusan ketiga 74.000 tahun lalu menghasilkan kaldera, dan menjadi Danau Toba sekarang dengan Pulau Samosir di tengahnya.

Jika dibandingkan dengan letusan gunung krakatau tahun 1883, letusan gunung krakatau hanyalah sebagian kecil bagian dari letusan gunung toba. Perbandingannya 10.000 kali. Betapa mahadasyatnya.

4. St. Hellens

Gunung ini memiliki tinggi 2.950 mdpl yang terletak di Amerika Serikat. Letusan gunung ini terjadi pada tahun 18 mei 1980 yang menyebabkan ekonomi Ameika lumpuh. Tinggi gunung menyusut 400 meter menjadi 2.540 mdpl. Korban yang ditimbulkan cukup sedikit, 57 orang. Dan sekarang gunung tersebut menjadi monumen Gunung Berapi Gunung St. Helens.




5. Gunung Tambora

Gunung in terletak di pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat. Gunung tambora menyebabkan ribuan orang meninggal. Bencana ikutan yang disebabkan letusan gunung ini berupa fisik dan sosial. Fisik, menybabkan gelombang air laut tinggi—tsunami—di perairan lombok. Sosial, banyak orang yang menderita kelaparan karena gagal panen. Gunung ini meletus tahun 1815. Pada tahun 1816 di Eropa dan Amerika tidak ada musim panas yang akibatnya gagal panen melanda kedua benua itu.  pasca letusan, gunung tambora turun beberapa ribuan kaki dari tinggi asalnya.

6. Mauna Loa

Gunung yang berada di negara bagian Amerika Serikat, Hawaii, adalah gunung yang teraktif di seluruh dunia. Setidaknya telah meletus 33 kali baik besar maupun kecil dalam rentang tahun 1843 sampai 1984. Gunung ini berbentuk perisai  dengan volume diperkiran 18.000 mil kubik.










7. Gunung Eyjafjallajokull

Gunung ini terletak di Islandia. Gunung ini juga merupakan glester es. Letusan gunung ini terjadi pada 20 maret 2010 yang mempengaruhi lalu lintas udara dan barang-barangkomoditas pertanian membusuk. di benua Eropa. Dunia penerbangan di Islandi rugi sampai US$ 1Miliar.

Dari ketujuh letusan ini sebenarnya bukan untuk ditakuti, apalagi kita berada di rawan bencana gunung api. Tapi disyukuri, karena dalam jangka panjang letusan gunung berapi ini menyebabkan tanah menjadi subur. Letusan gunung berapi ini juga merupakan proses alam berupa pelepasan energi dari perut bumi. Jika pelepasan energi dari perut bumi terhambat maka memungkinkan bumi akan meledak. Jadi jangan takut. Secara kasar, sebenarnya juga bukan salah gunung api meledak tapi manusia yang tinggal di sekitar gunung api, udah tau gunung api yang kapan saja bisa meledak, eh, malah tinggal disana. Untuk itu kita perlu usaha mitigasi untuk meminimalisir korban dan masyarakat diberi pelajan dan penyuluhan akan kegunung apian. Supaya masyarakat selalu siap tatkaa  gunung api meletus.

Sumber:


Terimakasih Sahabat Hadits Line. Jangan Lupa Komentarnya

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Tujuh Gunung Api yang Meledak Dahsyat di Dunia yang ditulis oleh Hadits Line (Hermawan Setiawan) Komentar sahabat sangat memotivasi penulis.

0 comments:

Post a Comment