Thursday, December 4, 2014

Download Buku Konservasi Indonesia Sebuah Potret Pengelolaan & Kebijakan

DOWNLOAD
“Indonesia adalah negara yang memiliki keanekaragaman yang tinggi baik flora ataupun fauna. Keanekaragaman fauna dapat dilihat dari fakta, sekitar 12% (515 spesies, 39% endemik) dari total spesies binatang menyusui, urutan kedua di dunia; 7,3% (511 spesies, 150 endemik) dari total spesies reptilian, urutan keempat di dunia; 17% (1531 spesies, 397 endemik) dari total spesies burung di dunia, urutan kelima; 270 spesies amfibi, 100 endemik, urutan keenam di dunia; dan 2827 spesies binatang tidak bertulang belakang, selain ikan air tawar. Selanjutnya, Indonesia memiliki 35 spesies primata (urutan keempat, 18% endemik) dan 121 spesies kupukupu (44% endemik). Indonesia menjadi satu-satunya negara setelah Brazil, dan mungkin Columbia, dalam hal urutan keanekaragaman ikan air tawar, yaitu sekitar 1400 spesies (Dephut 1994; Mittermeier dkk. 1997).

Sedangkan keanekaragaman flora tak kalah luar biasa dari fauna. Indonesia menduduki peringkat lima besar di dunia; yaitu memiliki lebih dari 38.000 spesies, 55% endemik. Keanekaragaman palem di Indonesia menempati urutan pertama, mencapai 477, 225 endemik. Lebih dari setengah dari seluruh spesies (350) pohon penghasil kayu bernilai ekonomi penting (dari famili Dipterocarpaceae) terdapat di negara ini, 155 di antaranya endemik di Kalimantan (Dephut 1994; Newman 1999).”

Buku ini meninjau Konservasi dari sebi pengambilan kebijakan dan peraturan perundang-undangan dari masa kemasa. Konservasi merupakan perakara yang penting yang harus disadari untuk menyelamatkan lingkungan. Dengan begitu banyaknya keanekaragaman adalah anugrah yang luar biasa yang diberikan oleh Allah. namun disisi lain akibat salah olah yang tercermin dan ekploitasi sumber daya alam yang eksploitatif.

Politik ekonomi adalah yang menjadi sorotan di setiap pengambilan keputusan. Bigitu pun dengan masalah konservasi yang tergantung kepada politik ekonomi. Peran masyarakat harusnya dilibatkan dalam, terkhusus masyarakat sekitar wilyah konservasi supaya terjadi kolaborasi dan kerjasama. Karena tanpa melibatkan penduduk sekitar wilayah konservasi dimungkinkan akan terjadi gesekan yang berujung pada konflik.

Konservasi mempunyai banyak macamnya, yaitu Taman Nasional, Suaka Marga Satwa, Cagar Alam, Taman Hutan Raya, dan lain-lain. Buku ini tepat untuk mengetahui seluk beluk peraturan perundang-undang tentang konservasi, kemudian kebijakan, tata kelola, konservasi khas indonesia, dan strategi konservasi.  

Silahkan klik DOWNLOAD untuk mengunduh. Semoga bermanfaat.


Terimakasih Sahabat Hadits Line. Jangan Lupa Komentarnya

Terimakasih telah membaca artikel berjudul Download Buku Konservasi Indonesia Sebuah Potret Pengelolaan & Kebijakan yang ditulis oleh Hadits Line (Hermawan Setiawan) Komentar sahabat sangat memotivasi penulis.

0 comments:

Post a Comment